Wednesday 16 March 2011

Jangan Gunakan Losyen Anti Nyamuk Setiap Hari!




Salah satu produk lainnya yang digunakan pada kulit adalah losyen anti nyamuk. Bahkan saat ini, sudah dipasarkan losyen anti nyamuk khusus anak-anak. Disebut-sebut losyen anti nyamuk mengandung zat berbahaya.

Bahan yang dipakai sebagai campuran dalam losyen anti nyamuk yaitu DEET (N,N-diethyl-m-toluamide). DEET adalah bahan kimia yang bersifat insect repellent (anti nyamuk). Penggunaan DEET bertujuan untuk menghilangkan bau amis yang disukai nyamuk menjadi bau tertentu yang tidak disukai nyamuk.

DEET dalam dosis tinggi dapat menimbulkan gangguan ginjal. Tetapi, DEET yang terdapat pada losyen anti nyamuk biasanya memiliki dosis rendah. Paling-paling hanya menimbulkan iritasi.

Meskipun boleh dikatakan pemakaian losyen anti nyamuk tidak berbahaya, namun disarankan agar penggunaan losyen anti nyamuk dibatasi. Sebaiknya jangan dipakai setiap hari, apalagi pori-pori kulit bayi dan anak-anak lebih kecil dibanding pori-pori orang dewasa. Pori-pori ini digunakan untuk pernapasan kulit. Jika pori-pori tertutup dengan minyak, tak terjadi pernapasan kulit. Selain itu, bila terjadi iritasi, pemakaiannya harus segera dihentikan! DB

Dr. Dono Baswardono, AISEC, MA, Ph.D
Untuk konsultasi dan permintaan seminar-workshop, hubungi Intan di 0813-1641-0088.

No comments:

Post a Comment