Thursday 25 March 2010

CERDAS BERKAT UDANG


Cerdas Berkat Udang

Tidak banyak yang tahu bahwa anak tumbuh cerdas sejak dalam kandungan. Sel otak tumbuh pesat ketika janin berumur 3 – 8 minggu. Dan salah satu makanan yang bisa mempesatkan pertumbuhan sel otak adalah si bongkok udang. Tapi bagaimana kalau anak alergi seafood?

Dari keseluruhan organ-organ tubuh, perkembangan otak dapat dikatakan lebih cepat dan unik. Proses pembentukan perkembangan sel neuron otak dimulai dari proses pembentukan dan pertumbuhan sel neuron otak sejak sel telur dan sel sperma bertemu.
Proses pembentukan sel neuron otak diawali dengan pembelahan pada fase embrionik. Terhitung sejak minggu ketiga kehamilan hingga minggu ke delapan. Pembelahan ini lah yang menjadi cikal bakal otak.

Pembentukan sel neuron otak mengalami tiga tahap. Pertama, proliferasi atau penambahan sel neuron otak. Kedua migrasi, perpindahan. Dan ketiga, organisasi, termasuk di dalamnya diferensiasi.

Setelah sel neuron otak bertambah, sel tersebut berpindah tempat ke depan, tengah dan belakang. Perpindahan yang sesuai dengan tempatnya ini disebut organisasi. Di dalam organisasi, sel neuron otak berubah fungsinya sesuai dengan penyebarannya yang disebut diferensiasi.

Ada beberapa perubahan dalam diferensiasi, seperti sel bertambah besar, cabang-cabangnya bertambah banyak, dan yang sebelumnya tanpa selubung menjadi diselubungi mielin. Selubung syaraf dan masing-masing sel neuron otak mempunyai fungsi-fungsi sendiri, jadi harus berhubungan dengan bagian-bagian lain.

Proliferasi dan migrasi sel neuron otak terjadi setelah lahir hingga usia 1 hingga 2 tahun saja. Yang masih berlangsung hingga dewasa adalah organisasi. Dalam organisasi ada meilinisasi, pembentukan selubung syaraf otak sebagai penghantar rangsangan lebih cepat ke otak. Dilanjutkan dengan perubahan bentuk sel dan sinapsis, sel satu berhubungan dengan sel lainnya.

Secara umum, sebelum anak lahir, sel neuron otak berkembang lebih pada jumlahnya. Sedangkan setelah anak lahir, sel neuron otak mengarah lebih pada maturasi atau pematangan.

Dalam semua perkembangan otak ini, faktor stimulasi dan gizi sangatlah penting. Alasannya, sel neuron otak mengalami percepatan luar biasa pada trimester ketiga hingga anak usia dua tahun pertama setelah lahir.

Stimulasi yang dibutuhkan anak pada percepatan sel neuron otak adalah stimulasi sensorik dan motorik. Anak-anak mulai mengenal rangsangan melalui indera pendengaran, penglihatan, penciuman, perasa dan peraba.
Orangtua juga harus memperhatikan asupan gizi anak. Beri anak-anak makanan yang bergizi dan seimbang untuk otak. Gizi seimbang mengandung protein, karbohidrat dengan jumlah tertentu, air, mineral, vitamin, ikan, sayur dan susu.

Tidak hanya unsur asupan makanan yang harus diperhatikan orangtua, tetapi juga dari segi kesehatan. Termasuk dengan menjaga kesehatan dengan imunisasi.

Bagi anak-anak usia 1- 2 tahun memerlukan makanan yang kaya kandungan protein tinggi, asam lemak esensial yang tinggi. Protein ini dapat diperoleh melalui baik hewani maupun tumbuhan. Asam lemak esensial sendiri mengandung Omega 6, omega 3 dan DHA. Sayangnya tubuh tidak bisa memproduksinya di dalam tubuh, sehingga memerlukan asupan makanan dari luar tubuh. Bila tidak dipenuhi, kerja sel-sel neuron kurang efektif pada usia tumbuh kembang otak. Padahal ledakan pertumbuhan sel neuron otak terjadi sejak bayi lahir trimester ketiga hingga anak usia dua tahun.

Udang adalah salah satu makanan laut yang mengandung DHA bagi otak. Tapi karena udang selalu dihubungkan dengan alergi, maka jarang sekali orangtua berani memberikan asupan udang kepada anak. Anak-anak sebetulnya tidak ada pantangan terhadap makanan apapun. Alergi hanya berlaku pada individu tertentu.


Tips Memasak Udang Goreng
Sudah tahu manfaat udang, khan? Ayo coba masak penganan udang, namanya Ebi Fry alias udang goreng. Tenang saja, mudah kok cara buatnya.

Bahan Dasar:
 Tepung Panir
 Tepung terigu
 Telur
 Bumbu (garam, lada dan bawang putih)
 Udang Pancet 1 kg (isi 25 biji) atau 1 kg (isi 18 biji)
 Minyak goreng
 Saos (kalau suka bisa dicampur mayonaise)

Cara membuat:
 Bersihkanlah udang terlebih dahulu
 Campurkan bumbu (garam, lada dan bawang putih) ke dalam tepung terigu
 Campurkan pula bawang putih ke dalam telur
 Setelah udang siap, masukkan dalam udang yang sudah dibersihkan kedalam campuran bawang putih dan telur. Lalu bolak-balikkan dalam adonan tepung berbumbu. Setelah udang dibaluti tepung berbumbu. Segera masukkan udang ke dalam minyak panas.
 Setelah matang, sajikan hangat.

Tips pilih udang:
 Bauilah udang yang hendak dipilih. Bila berbau tidak enak menandakan udang itu kurang bagus.
 Carilah udang yang kepalanya masih utuh. Bila kepala lepas menyebabkan udang mudah busuk.
 Sebaiknya tidak memilih udang berwarna kuning atau kehijauan.
 Sebaiknya tidak disimpan di kulkas lebih dari satu bulan.

Cara membersihkan udang:
 Kepala udang sebaiknya tidak diambil
 Agar lebih mudah mengupas udang, mulailah dari kaki udang.
 Sungut udang sebaiknya dipotong setengah.
Dono Baswardono, CHT, AISEC, MA, Ph.D

No comments:

Post a Comment