Tuesday 10 July 2012

Agar Anak Gemar Membaca

Awali Gemar Membaca dari Dalam Rumah!

Kerugian besar tidak dapat dihindari, jika anak-anak dibesarkan di rumah yang tanpa buku, dan tanpa orangtua yang suka membaca. Kerugian semakin besar karena kebanyakan kecintaan membaca hanya bisa diajarkan oleh orangtua dan semua berawal dari rumah!
Dari pengamatan, kegiatan membaca akan memudahkan pengembangan konsentrasi lisan karena anak sering menerima masukan informasi lisan dari buku yang dibacanya. Melalui membaca, anak-anak akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang luas sehingga mereka bisa mengikuti dan menikmati suatu diskusi dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak suka membaca. Mereka lebih mudah mengolah informasi baru, mempunyai lebih banyak tambahan ide, dan lebih cepat melihat kepelikan yang ada.
Selain itu, karena mereka mempunyai kosa kata yang banyak dan beragam, mereka akan mudah menulis dengan baik dan mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka. Yang lebih menggembirakan, anak yang gemar membaca akan mampu mengatasi masalah pribadi dan mempunyai kesempatan yang lebih baik untuk meraih kehidupan yang sukses.



Membaca itu Menyenangkan, Asal...
Anda kesulitan menciptakan rumah gemar membaca? Simak tip berikut ini:
• Pertama yang harus diingat adalah tidak memaksa anak-anak membaca banyak bacaan.
• Biarkanlah mereka membaca sedikit di rumah pada awalnya, daripada mereka membaca banyak hanya karena kita memaksanya.
• Anak mencontoh perilaku yang ditunjukkan orang-orang terdekatnya. Maka cara mudah untuk menumbuhkan minat baca anak adalah sering-seringlah Anda membaca dalam keseharian. Tunjukkan pada anak bahwa membaca adalah suatu kegiatan yang mengasyikkan, terutama bagi kedua orangtuanya!
• Bacakan cerita untuk anak. Namun sebelum membaca pahami terlebih dahulu isi buku yang Anda baca disertai dengan improvisasi saat menyampaikannya pada anak.
• Untuk mempersiapkan anak berusia 3-4 tahun (usia prasekolah) menjadi seorang pembaca yang andal adalah dengan membacakan cerita setiap saat. Hal ini akan menghindarinya mendapat kesulitan belajar di sekolah.
• Ketika sedang berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah, tiap kali melewati plang nama jalan atau spanduk warna-warni yang menarik perhatiannya, ajak anak untuk membaca kata-kata di dalamnya.
• Berikanlah anak-anak bahan bacaan yang mudah untuk dinikmati dan menyenangkan Biarkanlah anak-anak membaca buku-buku yang membuat mereka merasa bahwa mereka adalah pembaca yang baik dengan menanyakan pendapat mereka tentang buku yang mereka baca. Jika Anda sudah mengetahui, buku-buku macam apa yang mereka sukai dan mengasyikkan bagi mereka, berusahalah untuk mencari dan memberikannya kepada mereka.
• Berikan anak buku dan majalah yang penuh dengan gambar-gambar yang menarik Biarkan ia membolak-balik buku-buku atau majalah tersebut. Sekali-kali, cobalah memintanya memilih buku/majalah sendiri untuk mengetahui minatnya
• Biarkan anak membaca komik, majalah ataupun koran -sesuai dengan usia anak. Janganlah berpikir bahwa ketiga jenis bacaan tersebut bacaan yang buruk atau tidak bermutu. Untuk anak yang minat bacanya rendah atau kemampuan membacanya rendah, bacaan tersebut memiliki beberapa kelebihan, yaitu: komik memiliki karakter, garis cerita, jenis bahasa, dan nada yang sama. Sedangkan, majalah dan koran memiliki artikel dan cerita pendek yang dapat dibaca dalam waktu yang singkat oleh orang yang tidak suka membaca. Di samping itu, ada gambar yang bisa membantunya menerka arti kata yang tidak ia mengerti. Selanjutnya sedikit demi sedikit mulailah untuk menggerakkan minat anak untuk membaca jenis bacaaan lainnya. DB


Pentingnya Perpustakaan Rumah
Orangtua harus menciptakan rumah sebagai tempat yang menyenangkan. Salah satu hal yang mungkin terjadi yaitu rumah Anda akan berantakan karena bisa jadi buku-buku akan tercecer di mana-mana. Selain itu, kesenangan membaca akan membutuhkan banyak biaya sehingga orangtua harus siap mengeluarkan sejumlah uang untuk pembelian buku-buku atau bahan bacaan lainnya.
Walaupun saat ini mulai tersedia perpustakaan baik di kantor, institusi pendidikan, kafe atau beberapa tempat publik lainnya, namun penyediaan sebuah perpustakaan di dalam rumah sendiri cukuplah penting. Mengapa demikian ? Berikut alasannya :
1. Perpustakaan di dalam rumah dapat menciptakan suasana belajar dan gemar membaca
2. Menggugah minat baca dan belajar bagi orang yg tinggal didalamnya
3. Kita dapat menikmati bacaan dengan lebih nyaman dan bebas karena berada di dalam rumah sendiri. DB



Disain Perpustakaan Rumah
Sedangkan untuk disainnya sendiri disarankan sebagai berikut :
1. Bentuk dan lokasi harus disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah
2. Cukup cahaya dan sirkulasi udara dan jauh dari kebisingan sehingga tidak mengganggu dan menyehatkan penggunanya
3. Gunakan disain tata ruang yang menarik agar tidak terkesan membosankan
4. Ruang sebaiknya jauh dari tempat-tempat lembab karena dikuatirkan dapat merusak koleksi yang dimiliki
5. Gunakan rak buku sesuai ukuran koleksi dan tema buku
6. Gunakan penomoran klasifikasi dan nomor induk bila perlu
7. Agar perpustakaan lebih nyaman lagi, bisa juga ditambahkan meja baca atau sofa Penambahan beberapa aksesoris atau pot tanaman serta adanya alunan musik akan semakin mempercantik ruang dan suasana perpustakaan rumah Anda
Apakah di rumah Anda sudah memiliki Perpustakaan pribadi ? Jika belum , mengapa tidak mencobanya?
Dr. Dono Baswardono, Graph, Psych, AISEC, MA, Ph.D – Marriage & Family Therapist
Untuk konsultasi, hubungi 087881705466 atau pin 2849C490. :)

No comments:

Post a Comment