Thursday 25 March 2010

SCHOOL OF CHAMPIONS!






SCHOOL OF CHAMPIONS!

Dono Baswardono Parenting
Anak-anak adalah misi kami.Karena masa depan lebih cepat dari yang Anda kira.

Tahun ini akan mengubah kehidupan anak Anda! Anak-anak Anda akan menjadi pribadi yang berkarakter kuat. Mereka bagai pokok pohon yang tumbuh besar, bukan hanya mampu menghadapi segala masalah, tetapi juga menjadi naungan bagi lingkungannya dengan rendah hati.

Dan itu barulah permulaannya...

SCHOOL OF CHAMPIONS! memberikan kepada anak-anak kerangka hidup berbudipekerti. Ringkasnya, kami membantu anak-anak membuat pilihan-pilihan hidup yang lebih baik agar hidup Anda, keluarga Anda dan semua orang menjadi lebih baik.

SCHOOL OF CHAMPIONS! adalah pendidikan yang menanamkan karakter, nilai-nilai universal dan budaya perubahan. SCHOOL OF CHAMPIONS! mengidentifikasi nilai-nilai universal yang disebut Enam Pokok Karakter: kejujuran, kehormatan, tanggung jawab, keadilan, kepedulian, dan kewargaan.

SCHOOL OF CHAMPIONS! adalah lembaga nirlaba, nonpartisan, dan nonsektarian. SCHOOL OF CHAMPIONS! bukan sekadar kurikulum, pelajaran tambahan atau program pengisi liburan. SCHOOL OF CHAMPIONS! adalah pendidikan karakter yang sesuai dengan program-program yang sudah ada. Silahkan baca lebih lanjut dan temukan betapa mudah memahaminya dan... mengikutinya.

Para orangtua, guru, kepala sekolah dan pendidik dari seluruh Indonesia telah melihat betapa anak-anak yang pernah mengikuti SCHOOL OF CHAMPIONS! kembali sebagai anak-anak dengan karakter yang lebih positif sehingga masalah perilakunya jauh menurun, tidak pernah membolos, dan sekaligus meningkatkan nilai-nilai akademik mereka. Intinya, bila anak-anak belajar sekumpulan nilai-nilai universal secara konsisten dan guru-guru yang mengikuti SCHOOL OF CHAMPIONS! juga memberikan teladan akan nilai-nilai itu, maka perilaku makin membaik dan fokus pendidikannya meningkat pesat.

Bila sekolah Anda memasukkan SCHOOL OF CHAMPIONS! ke dalam mata pelajaran atau program yang sudah ada, anak-anak akan lebih fokus pada ganjaran karakter daripada hukuman. SCHOOL OF CHAMPIONS! menyediakan pelatihan, program, seminar, dan integrasi kurikulum yang membuat program-program pendidikan sekolah/lembaga Anda berhasil.

CONTOH KEGIATAN SEHARI DALAM SCHOOL OF CHAMPIONS!
- Bangun pagi dimulai dengan berdoa kepada Tuhan – secara pribadi maupun bersama-sama, dikelompokkan sesuai dengan keyakinan/agama masing-masing.
- Setelah membereskan tempat tidur masing-masing dan membersihkan diri, anak-anak diajak untuk menikmati alam sekitarnya, sekaligus melakukan serangkaian aktivitas yang membuat mereka mampu menyadari betapa Tuhan sangat menyayangi mereka sehingga mereka pun musti menyayangi diri sendiri, teman-teman maupun tetangga mereka.
- Senam pagi bersama sekaligus kegiatan dinamika kelompok yang membuat mereka solid sebagai kelompok tetapi sekaligus percaya akan identitas pribadinya.
- Sarapan pagi bersama di SCHOOL OF CHAMPIONS! adalah sekaligus sarana untuk menanamkan karakter kepedulian, kejujuran, dan tanggung jawab, serta beberapa sifat turunannya seperti berbagi dan merasa cukup.
- Usai sarapan, anak-anak berbagi tugas kerumahtanggaan, seperti memberi makan kelinci, memerah susu kambing/sapi, menyiram tanaman, menyiangi gulma, dsb.
- Mandi pagi, istirahat dan snack sebelum mengikuti serangkaian aktivitas sesuai kurikulum. Aktivitas untuk penanaman karakter ini sebagian besar berupa permainan, kegiatan di alam, aktivitas outbond , dan kegiatan preservasi lingkungan hidup yang menyenangkan dan membuat anak-anak bersemangat.
- Istirahat, berdoa dan beribadah, makan siang, dan kegiatan di “dalam kelas.” Kegiatan ini dilakukan di teras rumah dan/atau di pendopo kelurahan, selain agar fisik anak-anak beristirahat sekaligus sebagai sarana bagi mereka untuk mampu melakukan ‘evaluasi diri.’
- Menjelang sore hari, anak-anak mulai melakukan “Rally Kehidupan.” Contoh rally sebagai berikut: “Bertandang ke rumah Nek Sastro untuk membantunya membuat kue Serabi, sekaligus mengenal riwayat hidup Nek Sastro. Kemudian mengantarkan Serabi itu ke Pak Jogoboyo dan musti membantu memecahkan kasus yang tengah dihadapi Pak Jogoboyo, hilangnya kambing pak Tris. Bersama Pak Jogoboyo ke rumah Pak Tris dan harus menjagai sepeda di luar rumah Pak Tris, sementara kedua orang itu mengobrol di dalam. Tiba-tiba datang Bu Sinden bersama anaknya yang sakit untuk minta diantarkan ke Puskesmas.” (Tiap anak, tiap kelompok, memiliki variasi rally yang berbeda-beda, meski kecakapan hidup dan karakter yang dipelajari sama. Untuk tiap musim liburan di tahun yang berbeda, selalu dirancang rally yang berbeda sehingga anak-anak yang hendak ikut kembali tidak akan pernah mendapati rally yang sama.)
- Istirahat, berdoa dan beribadah, melakukan tugas kerumahtanggaan sore, dan mandi sore. Lalu mengudap snack sambil menikmati dan merenungi keindahan matahari tenggelam.
- Berdoa dan beribadah, makan malam bersama. Kemudian melakukan serangkaian “brain games,” “emotional games,” dan “fantasy games.”
- Berdoa dan beribadah menjelang tidur. Mendengarkan ‘dongeng’ dan menceritakan ‘dongeng harian’ masing-masing.
- Catatan:
o Kegiatan setiap hari berbeda-beda, meski pola hidupnya seragam.
o Kegiatan hari pembuka dan hari penutup berbeda (ada aktivitas yang membuat mereka cepat beradaptasi dengan teman-temannya; dan aktivitas yang membuat mereka akan tetap berteman walau telah berpisah).

IKRAR SCHOOL OF CHAMPIONS!
- Ikrar KoC: Kids of Champions!
o Aku berikrar untuk menjadi seorang anak dengan karakter Juara.
o Aku Juara karena aku bisa dipercaya.
o Aku Juara karena aku bertanggung jawab melakukan apa yang seharusnya.
o Aku Juara karena menghargai semua.
o Aku Juara karena aku bertindak adil.
o Aku Juara karena aku peduli kepada sesama.
o Dan karena aku seorang warga yang baik yang selalu melakukan bagianku, maka aku seorang Juara!

PROGRAM PENDUKUNG SCHOOL OF CHAMPIONS!
- Accelerated Readers (anak-anak akan senang membaca dan mampu membaca lebih cepat daripada sebayanya)
- Anti Cheating Programs (anak-anak tidak akan lagi suka menyontek mapun berbohong)
- Tips untuk Orangtua: Pengajaran Karakter di Rumah sebagai Kelanjutan Program SCHOOL OF CHAMPIONS! (Usai mengikuti SCHOOL OF CHAMPIONS!, orangtua diharapkan melanjutkan proses penanaman karakter itu di rumah, sesuai dengan panduan yang diberikan)
- Formulir Kesepakatan Orangtua

WAKTU KEGIATAN
- Usia 6 – 12 Tahun: 3 Hari
- Usia 13 – 16 Tahun: 4 Hari
- Catatan: terhitung mulai dari penjemputan anak di pick-up point di Bandara Juanda dan/atau Bandara Abdurraman Saleh, Malang, sampai dengan penyerahan anak kembali kepada orangtua.
- Kalender Program SCHOOL OF CHAMPIONS!
o Juni 2010:
 Usia 6 – 12 Tahun : 22 - 24 Juni 2010
 Usia 13 – 16 Tahun: 22 – 25 Juni 2010
o Desember 2010: TBA
o Juni 2011: TBA
o Desember 2011: TBA

TEMPAT KEGIATAN
- Desa Wonosari, Gunung Kawi, Kabupaten Malang.

BIAYA KEGIATAN
- Usia 6 – 12 Tahun: Rp 3.500.000
o Early Bird untuk Juni 2010 (pembayaran lunas sebelum 12 April): Rp 3.000.000,00
- Usia 13 – 16 Tahun: Rp 4.000.000
o Early Bird untuk Juni 2010 (pembayaran lunas sebelum 12 April): Rp 3.500.000
- Cicilan:
o DP saat pendaftaran: Rp 250.000 (no refund)
o Cicilan I: 14 Maret 2010
 Usia 6 – 12 Tahun: Rp 1.000.000
 Usia 13 – 16 Tahun: Rp 1.250.000
o Cicilan II: 11 April 2010
 Usia 6 – 12 Tahun: Rp 1.250.000
 Usia 13 – 16 Tahun: Rp 1.250.000
o Cicilan III: 9 Mei 2010
 Usia 6 – 12 Tahun: Rp 1.000.000
 Usia 13 – 16 Tahun: Rp 1.250.000
- No. Rekening:
o BNI: 0101831293 Cab Menteng, a/n Dono Baswardono
o BCA: 0950978635 KCU Bogor, a/n Dono Baswardono

PEOPLE IN CHARGE & CONTACTS
- Intan
- Cell: 0813-1641-0088
- E-mail: dono.baswardono@gmail.com atau donobaswardono@yahoo.com
- Facebook: www.facebook.com/donobaswardono.parenting

No comments:

Post a Comment