Wednesday 1 August 2012

TIPS: Memberi ASI Saat di Mal dan Tempat Umum

Bagaimana Trik Menyusui di Mal dan Kantor



Tidak sedikit ibu yang membiarkan anaknya menangis, walau bayinya meminta ASI. Maklum, mereka tengah berada di keramaian. Si Ibu malu atau menghindari tatapan mata orang lain. Karena itu, menyusui di tempat umum, seperti mal, perlu juga berlatih agar anak tidak kelaparan. Awalnya, mungkin sulit. Namun, semakin sering berlatih, semakin piawai Anda melakukannya sampai orang lain tidak tahu bahwa Anda sedang menyusui.
Bila Anda sudah memantapkan diri untuk memberi ASI pada si kecil, terutama ASI eksklusif selama 6 bulan, sebaiknya Anda juga mempersiapkan diri bila sewaktu-waktu harus menyusuinya di tempat umum. Kalau Anda ke tempat umum yang memiliki ruang menyusui (nursery room), tentu tidak terlalu merisaukan. Yang menjadi masalah adalah jika Anda ke mal atau kantor yang tidak mempunyai fasilitas itu.
Berlatihlah sampai Anda dan si kecil merasa nyaman dan percaya diri dengan kemampuan Anda menyusui di tempat umum. Tempat yang paling baik untuk mulai melatih kemampuan tersebut adalah di rumah Anda.
Bila perlu, berlatihlah menyusui bayi sambil berjalan berkeliling. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan alat menggendong bayi yang memungkinkan bayi menempel di dada Anda. Selain bayi merasa aman, tangan Anda pun bebas bergerak sehingga orang lain tidak tahu Anda sedang menyusui.
Menyusui dengan “rapi” adalah sedapat mungkin Anda tidak menarik perhatian orang saat menyusui bayi. Berlatihlah di depan cermin agar Anda dapat melihat apa yang orang lain lihat saat Anda menyusui. Bila Anda mengenakan baju dengan bukaan kancing depan, misalnya, bukalah beberapa kancing bagian atas sehingga Anda tetap “tertutup.”
Anda juga dapat menggunakan selimut. Namun ingat, kontak mata dengan bayi saat berlangsungnya kegiatan menyusui sangatlah penting. Jadi, jangan “menutupi” pandangan bayi Anda.
Kenakan busana yang tepat. Sejak Anda memutuskan menyusui bayi, sejak itu pula Anda sebaiknya melakukan penyesuaian dengan jenis busana yang Anda kenakan. Solusi gampang adalah mengenakan busana two pieces, yaitu atasan dan bawahan. Lebih baik lagi bila baju atasan yang Anda kenakan adalah baju menyusui. Berlatihlah menyusui dengan aneka model baju, sehingga Anda akan menemukan model baju yang Anda rasa paling nyaman dan tepat untuk menyusui di tempat umum.
Segera menyusui bayi saat ia lapar. Saat berada di tempat umum, waspadalah dengan tanda-tanda yang ditunjukkan oleh bayi saat ia merasa lapar. Anda sebaiknya segera menyusuinya bila ia tampak gelisah seakan-akan ada yang ia cari, rewel, atau mengisap jari tangannya. Jangan ditunda menyusuinya sampai ia menangis dengan suara yang semakin lama semakin keras. Karena, hal ini tentu akan menarik perhatian negatif dari orang-orang di sekitar Anda. Bila segera disusui, bayi akan tenang dan biasanya tidak menarik banyak perhatian.
Temukan tempat yang baik. Bila Anda berada di restoran atau area lain yang ramai dan tidak punya ruang laktasi, cobalah untuk duduk. Bila mungkin, pilihlah tempat yang dapat memberi sedikit privasi, misalnya di sudut ruangan yang cukup luas atau di samping suatu dinding. Bila Anda tidak berhasil mendapatkan tempat seperti itu, rundukkan badan Anda untuk menghindari pandangan orang lain saat membuka baju dan menempelkan mulut si kecil ke dada Anda. Setelah si kecil mulai menyusu, rapikan baju Anda, lalu tegakkan kembali badan Anda. Orang umumnya tidak akan memperhatikan bila Anda tidak bertindak berlebihan atau dibuat-buat. Dengan kata lain, bersikaplah wajar.
Toilet atau kamar kecil diakui banyak ibu sebagai tempat yang tidak nyaman untuk menyusui. Seperti juga kita yang enggan makan di toilet, bayi pun mungkin menginginkan hal yang sama.
Yang tak kalah pentingnya, menyusui bayi di tempat umum tidak perlu membuat Anda gugup atau tidak nyaman. Menyusui bayi adalah hal yang benar dan alami. Bila seseorang memperhatikan Anda, balaslah pandangannya sambil tersenyum. Hal ini akan membuat mereka mengalihkan pandangan dari Anda. Yang penting, tetaplah teguh dengan prinsip Anda, bahwa Anda sedang melakukan sesuatu yang terbaik untuk bayi Anda. DB

Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, MA, Ph.D – Sexologist, Pschoanalyst, Graphologist, Marriage & Family Therapist.
Untuk konsultasi, hubungi di 087881705466 atau pin 2849C490. :)


Mal dan Kantor yang Memiliki Ruang Laktasi

Plaza Semanggi Lt. 3A
Jl. Jendral Sudirman Kav.50, Jakarta 12930

Senayan City Lt. 4
Jl. Asia Afrika Lot 19 Jakarta Selatan 10270

Family Salon & Nursery Room
Lantai 6 Pasaraya Grande
Jl. Iskandarsyah, Blok M, Jakarta Selatan

The Residences at Puri Casablanca
Jl. Puri Cablanca No.1 Kuningan, Jakarta 12870

Mal Ciputra Jakarta
Lantai LG, No. 34A
Jl. Arteri S. Parman, Grogol
Jakarta 11470

Transit room Terminal D
Bandara Soekarno Hatta Cengkareng

The Imperial Aryaduta Country Club
Jl. Boulevard Jendral Sudirman
Lippo Karawaci Tangerang

PT.Unilever Indonesia Tbk
Jl. Jend. Gatot Subroto kav. 15
Jakarta 12930

Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, MA, Ph.D – Sexologist, Pschoanalyst, Graphologist, Marriage & Family Therapist.
Untuk konsultasi, hubungi di 087881705466 atau pin 2849C490. :)

No comments:

Post a Comment