Monday 4 July 2011

Kalau Anak Digigit Nyamuk

Sudah Biang Keringat, Digigit Nyamuk Pula

Tanya: Hampir tiga hari ini keluarga kami berkunjung ke tempat saudara. Kebetulan udara di daerah saudara saya panas sekali pada siang hari dan pada malam hari banyak sekali nyamuk. Walhasil putriku Nasya (3 tahun), badannya merah-merah seperti biang keringat dan juga bentol-bentol karena digigit nyamuk. Kasihan Nasya, dia terlihat tidak nyaman selama berada di tempat saudara saya. Tapi mau bagaimana lagi urusan kami belum selesai. Rencana kami akan berada di tempat saudara kami selama satu minggu. Apa yang musti saya lakukan untuk mengatasi biang keringat dan bentol-bentol tersebut? Nisrina - Jakarta

Jawab: Wah kasihan sekali ya Nasya, sudah terkena biang keringat digigit nyamuk pula. Memang udara atau suhu yang panas bisa sebabkan biang keringat pada anak. Tak jarang juga timbul pada orang dewasa. Biang keringat merupakan gangguan kulit yang sering ditemukan pada bayi dan balita. Biang keringat sendiri disebabkan produksi kelenjar keringat yang terlalu banyak. Gejala yang ada yaitu, rasa gatal yang menyengat, kulit kemerahan, dan ada bentolan yang berair di kulit. Ini bisa dicegah dengan menghindari penghalang penguapan keringat. Jadi menggunakan baju yang berlapis pada anak bukanlah tindakan yang benar lho Mums!

Bila si kecil berkeringat, sebaiknya basuh dengan washlap basah kemudian keringkan, dan yang tak kalah penting gunakan baju yang longgar dan menyerap keringat. Segera ganti bila baju anak yang dikenakan terlihat basah.

Mengatasi Gigitan Nyamuk
Untuk mengatasinya gigitan nyamuk yang terpenting adalah pencegahan, yaitu mencegah agar tak sampai digigit nyamuk, misalnya dengan menggunakan kelambu selama si kecil tidur.
Bila memang sudah bentol merah karena digigit nyamuk, beritahukan anak agar tidak menggaruknya, biasanya bercak hitam muncul karena bentol merah bekas gigitan nyamuk tersebut digaruk-garuk, sehingga timbul luka dan kemudian terjadi infeksi.

Untuk mengatasi bercak-bercak hitam akibat digigit nyamuk, Mums bisa memandikan si kecil dengan menggunakan air dingin dan gunakan sabun yang mengandung pelembab. Bila gatal-gatal pada anak berkelanjutan, segera konsultasikan kepada dokter yang bersangkutan. Karena diperlukan obat minum untuk mengatasi gatal dan salep pada daerah gigitan nyamuk. DB

No comments:

Post a Comment